SILABUS
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMP Negeri Saipar Dolok Hole
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA)
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII/1&2
(Ganjil – Genap)
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
5 Jam
Pelajaran/Minggu
|
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
KI1
dan KI2
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional |
KI3
|
Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dankenegaraan terkait fenomena dan kejadiaN tampak mata |
||
KI4
|
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori |
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
|
3.1
|
Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri sendiri,
makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran
|
Objek Ilmu Pengetahuan Alamdan pengamatannya
ü Pengukuran
ü Besaran Pokok dan turunan
ü Satuan baku dan tak baku
|
·
Mengamati diri sendiri dan teman, serta benda-benda yang ada di sekitar untuk melihatciri-ciri yang dapat diamati seperti tinggi badan, warna rambut,
warna kulit
·
Mengukur panjang
benda dengan hasil bersatuan baku dan tak baku,untuk menemukan pentingnya
satuan baku dalam pengukuran
·
Mengumpulkaninformasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari,
misalnya panjang benda, massajenis,
energi, frekuensi denyut nadi, konsentrasilarutan,
lajupertumbuhantanaman, dan lain-lain.
·
Melakukanpercobaanmengukurbesaranpanjang,
massa, danwaktumenggunakan alat
ukur baku dan tak baku untuk mendapatkan konsep satuan baku dan tak baku
·
Menyajikan hasil
percobaan tentang pengukuran dengan alat ukur dalam bentuk laporan tertulis
dan mendiskusikannya dengan teman
|
4.1
|
Menyajikan data
hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk
hiduplain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan
satuan baku
|
||
3.2
|
Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik
yang diamati
|
Klasifikasi
ü
Makhluk hidup dan benda tak hidup
ü
Ciri-ciri makhluk hidup
ü Klasifikasimakhluk hidup
ü Pengenalan mikroskop
|
· Mengamati manusia, tumbuhan, hewan,
dan benda di lingkungan sekitar, gejala-gejala kehidupan yang menunjukkan
ciri-ciri mahluk hidup serta pengelompok-kannya dengan indera dan dengan
bantuan mikroskop
· Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk
dan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar
· Mengumpulkaninformasimengenaiklasifikasi mahluk hidup berdasarkan persamaan
ciri yang diidentifikasi, misalnya kelompok monera, protista, fungi, plantae,
dan animalia
· Menyajikan hasil mengklasifikasi
makhluk hidup dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikan-nya dengan
teman
|
4.2
|
Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda
di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati
|
||
3.3
|
Memahami konsep campuran dan zat tunggal (unsure dan senyawa), sifatfisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari
|
Zat dan Karakteristiknya
ü
Zat Padat, Cair, dan Gas
ü
Unsur, Senyawa, dan Campuran
ü
Sifat fisika dank imia
ü
Perubahan fisika dan kimia
|
· Mengamatiberbagai benda dalam
kehidupan sehari-hari yang mengalami perubahan, misalnya air menjadi es, es
menjadi air, air menjadi uap, kertas dibakar menjadi abu, besi berkarat,
makanan menjadi basi, dll
· Melakukan penyelidikan karakteristik
zat (padat, cair, dan gas) serta mengumpulkan informasi mengenai unsur,
senyawa, dan campuran
· Melakukan penyelidikan asam, basa,
dan garam menggunakan indikator buatan dan alami
· Melakukan percobaan teknik pemisahan
campuran, misalnya melalui penyulingan, kromatografi, atau penyubliman
· Menyajikan hasil penyelidikan sifat
fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari
danmendiskusi- kannya dengan teman
|
4.3
|
Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia,
atau pemisahan campuran
|
||
3.4
|
Memahami konsep suhu,
pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan
suhu tubuh pada manusia dan hewan
|
Suhu dan Kalor
ü
Suhu
ü
Alat pengukur suhu
ü
Pemuaian
ü
Kalor
ü
Perpindahan kalor
ü
Kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
|
· Mengamati peristiwa dalam kehidupan
sehari-hari yang terkait dengan perubahan wujud benda setelah menerima atau
melepas kalor
· Melakukan percobaan mengukur suhu
benda menggunakan thermometer serta menyelidiki pemuaian pada benda padat,
cair, dan gas
· Melakukan percobaan untuk menyelidiki
pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda serta perpindahan
kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
· Mengumpulkan informasi mengenai
berbagai upaya menjaga kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan
sehari-hari
· Menyajikan hasil percobaan dalam
bentuk laporan tertulis dan mendiskusikan-nya dengan teman
|
4.4
|
Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor
|
||
3.5
|
Memahamikonsepenergi,
berbagaisumberenergi,
danperubahanbentukenergidalamkehidupansehari-haritermasukfotosintesis
|
Energi
ü
Bentuk-bentukenergi
ü
Sumberenergi
ü
Perubahanbentukenergi
ü
Transformasienergidalamsel
ü
Fotosintesis
ü
Respirasi
|
· Mengamati berbagai aktivitas manusia
dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan penggunaan energi dan krisis
energi
· Meyelidiki sumber energi dan
perubahan bentuk energi serta mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi besarnya energi potensial dan energi kinetik melalui percobaan
· Mengumpulkan informasi mengenai
perpindahan energi dalam sel serta melakukan percobaan fotosintesis dan mengukur laju respirasi hewan hubungannya
dengan berat badan
· Menyajikan hasil percobaan perubahan
bentuk energi dan percobaan fotosintesis dan respirasi dalam bentuk laporan
tertulis dan mendiskusikannya dengan teman
|
4.5
|
Menyajikan hasilpercobaan tentangperubahanbentukenergitermasukfotosintesis
|
||
3.6
|
Memahami system organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organism dan komposisi utama penyusun sel
|
Sistem Organisasi Kehidupan
ü
Sel
ü
Jaringan
ü
Organ
ü
Sistem organ
ü
Organisme
|
· Mengamati torso manusia atau organ
tubuh bagian dalam dari ikan/katak/burung/kadal
· Mengindetifikasi perbedaan antara
sel, jaringan, organ, dan sistem organ pada hewan dan tumbuhan melalui
pengamatan mikroskopik dan makroskopik
· Membuat model struktur sel hewan atau
tumbuhan menggunakan bahan yang mudah didapat di lingkungan sekitar dan
mendiskusikan hasilnya
|
4.6
|
Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan
|
||
3.7
|
Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut
|
Makhluk Hidup dan Lingkungan
ü
Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan
ü
Dinamika populasi
|
· Mengamati ekosistem buatan berupa
akuarium atau kolam ikan, difokuskan pada komponen biotik dan abiotik serta
interaksi yang terjadi di dalamnya
· Melakukan penyelidikan untuk
mengidentifikasi komponen abiotik dan biotik yang ada pada lingkungan sekitar
serta interaksi yang terjadi didalamnya dalam bentuk rantai makanan,
jaring-jaring makanan, dan simbiosis
· Melakukan percobaan pertumbuhan populasi
terhadap ketersediaan ruang dan lahan pertanian serta dampaknya bagi
lingkungan
· Membuat laporan hasil percobaan
interaksi antara komponen biotik dan abiotik serta dampak dinamika populasi
dan mendiskusi-kannya dengan teman.
|
4.7
|
Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya
|
||
3.8
|
Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem
|
Pencemaran Lingkungan
ü
Pencemaran udara
ü
Pencemaran air
ü
Pencemaran tanah
ü
Dampak pencemaran bagi ekosistem
|
· Mengamati berbagai pencemaran
dilingkungan sekitar
· Mengumpulkan informasi serta
menganalisis penyebab dan dampak pencemaran udara, air, dan tanah bagi
ekosistem, merumuskan masalah serta
mengajukan penyelesaian masalahnya
· Membuat laporan tentang penyelesaian
masalah pencemaran yang terjadi di lingkungan sekitar
|
4.8
|
Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan
|
||
3.9
|
Memahami perubahan iklim dan dam paknyabagiekosistem
|
Perubahan Iklim
ü
Penyebab terjadinya perubahan iklim
ü
Dampak perubahan iklim bagi ekosistem
|
· Mengamati tayangan tentang dampak
perubahan iklim
· Mengumpulkan informasi mengenai
proses dan dampak terjadinya perubahan iklim bagi ekosistem
· Mengajukan gagasan tentang penanggulangan
masalah perubahan iklim dalam bentuk laporan tertulis, dan mempresentasikan
gagasannya untuk ditanggapi temannya
|
4..9
|
Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi/ Penanggulangan masalah perubahan iklim
|
||
3.10
|
Memahami
lapisanbumi, gunungapi, gempabumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum,
padasaat, dan pasca bencana sesuaiancamanbencana di daerahnya
|
Lapisan Bumi dan B encana
ü
Lapisan bumi
ü
Gunung api
ü
Gempa bumi dan
tsunami
ü
Tindakan tanggap bencana
|
· Mengamati tayangan atau model lapisan
bumi
· Mengumpulkan informasi mengenai
lapisan bumi dan mekanisme terjadinya letusan gunung berapi, gempa bumi, dan
tsunami
· Menyajikan hasil studi literatur
tentang penanggulangan resiko dan dampak bencana alam dalam bentuk presentasi
· Berlatih tindakan penyelamatan diri
pada saat terjadi bencana alam
|
4.10
|
Mengomunikasikan upaya pengurangan resiko dan dampak bencana alam s erta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya
|
||
3.11
|
Memahamisistemtatasurya,
rotasidanrevolusibumidanbulan, sertadampaknyabagikehidupan di bumi
|
Tata Surya
ü
Sistemtatasurya
ü
Karakteristikanggotatatasurya
ü
Mataharisebagaibintang
ü
Dampakrotasidanrevolusibumibagikehidupan
di bumi
ü
Gerhanabulandanmatahari
ü
Terjadinyapasangsurut
|
· Mengamati model sistem tata surya
· Mendiskusikan orbit planet
· Mengidentifikasi karakteristik
anggota tata surya serta dampak rotasi dan revolusi bumi bagi kehidupan
· Mensimulasikan terjadinya siang dan
malam, fase-fase bulan dan proses terjadinya gerhana
· Mengumpulkan informasi mengenai
gerhana bulan dan matahari serta pengaruhnya terhadap pasang surut air laut
· Membuat laporan tertulis tentang
dampak rotasi dan revolusi bumi serta bulan bagi kehidupan dan
mendiskusikannya dengan teman
|
4.11
|
Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagikehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatanataupenelusuran berbagaisumberinformasi
|
Mengetahui,
Kepala
SMPN 4 Saipar Dolok Hole
BAGINDA
SYARIP HASIBUAN, S.Pd.
NIP.
19690312 199412 1 001
|
Sombadebata,
01 Juli 2020
Guru
Mata Pelajaran IPA Kelas
7
IWAN
EDWARD FERNANDO HARAHAP, S.Pd
NIP.
19800209 200604 1 004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar